Installasi PHP, MySQL, & Apache dengan xampp

PHP, MySQL, & Apache dengan xampp 

Pada bagian ini akan dijelaskan bagaimana anda dapat menjalankan PHP, MySQL dan Apache secara bersamaan. Ada 2 opsi sebetulnya, pertama anda menginstall ketiga aplikasi tersebut satu persatu, dan kemudian mengkonfigurasikan satu persatu aplikasi-aplikasi tersebut sampai semuanya terintegrasi, tentunya hal ini benar-benar merepotkan, dan opsi yang kedua adalah, saat ini telah banyak web server paketan yang didalamnya telah berisi PHP, MySQL, dan Apache, dan yang lebih mengasyikan lagi, paket ini gratis,  beberapa paket yang terkenal adalah, Sokkit, wammp, xampp, easyphp, apachetriad, dan masih banyak lagi, namun saya sendiri lebih prefer menggunakan xampp, karena sekali install, semua beres, tanpa harus  konfigurasi lagi, yang menyenangkan adalah xampp sudah menyediakan Zend PHP Framework dan PHP Pear. Oke kita langsung saja kepada praktik dalam menginstallasi xampp, sebuah paket yang berisi PHP, MySQL, Apache secara lengkap. xampp sendiri bisa langsung anda download di http://www.apachefriends.com. Anda tinggal mengekstraknya lalu klik dua kali.  



Mungkin anda bertanya-tanya, apa yang harus saya klik? Dalam mempelajari PHP dan MySQL kita cuma butuh dua services yang berjalan. Pertama adalah Apache, dan kedua Adalah MySQL. Apache inilah yang nantinya dapat menjalankan script PHP, dan MySQL adalah service yang digunakan untuk dapat membuat database mysql.  Oke yang perlu diklik adalah start di baris Apache dan Start di baris MySQL, sisanya digunakan untuk FTP, Email, dan bahasa yang lain selain PHP. Oke? Silahkan klik start apache dan start mysql. Sehingga hasilnya menjadi seperti ini : 

ok akhir nya Installasi  PHP, MySQL, & Apache dengan xampp  telah selesai semoga apa yang sudah saya berikan bisa bermanfaat bagi teman-teman, jangan bosan-bosan ya ikuti artikel selanjut nya.!



Comments

Popular Posts