contoh perulangan di php

Perulangan di php

Pengulangan For
For merupakan jenis pengulangan yang cukup sering digunakan, dan penggunaan pengulangan bentuk for ini tergantung kebutuhan. dan for ini bisa digunakan untuk contoh kasus sederhana yang saya sebutkan di awal tadi yaitu menampilkan angka 1 - 100 atau 1 - 50jt dengan cepat. For membuat semuanya menjadi sangat effisien. Bentuk umum for adalah seperti ini : 
Misalkan: 
for(nilai awal; batas nilai; operator increment/decrement)



pernyataan yang akan di proses

 }
Contoh implementasinya seperti ini, menampilkan kalimat Angka 1 sampai 50
<?php

// file latihan_271.php

for($x=1;$x<=100;$x++)

}

?>
Pengulangan ini akan terus menerus mengulang dan terus menerus dilakukan penambahan 1 hingga nilainya mencapai yang ditargetkan, yakni kurang sama dengan 50. Karena pengulangan terjadi dari angka 1 hingga 50 maka terdapat 50 proses.
1
2
3
4

50

Untuk operator increment yang lain adalah seperti ini.
<?php

for($x=1;$x<=100;$x+2)



echo "Angka $x"; 



?> 
ini berarti dilakukan penambahan 2, sehingga nanti hasilnya seperti ini. (browser) dan untuk operator decrement contohnya seperti ini : 
?php>

for($x=100;$x>=1;$x--)

{

 echo "Angka $x";

 } 

?>
bedanya adalah pada operator perbandingan, jika pada pengulangan increment atau menaik bentuk operatornya adalah '<=', namun dalam pengulangan decrement atau menurun bentuk operatornya adalah '>=', apabila peraturan ini tidak dipatuhi maka hasilnya adalah error. Contoh lain pengulangan decrement : 
<?php

for($x=100;$x>=1;$x-=2)

 {

echo "Angka $x";

 }

 ?> 
selain hanya php, anda juga dapat menggunakan pengulangan ini untuk menghasilkan html yang dinamis, contohnya seperti ini :


Misalkan: 
<html>

<head>

<title>perulangan</title>

</head>

<body>

<?php

for($x=100;$x>=1;$x-=2)

 {

echo "<font size=$x>ukuran font $x</font></br>";

 }

?>
</body>
</html>


Pengulangan while 
Nilai awal

While (batas pengulangan)

 { 

pernyataan; operator decrement/increment;

 }
Pengulangan jenis ini tidak terlalu jauh berbeda dengan pengulangan bentuk for. hanya saja penempatan nilai awalnya, dan operator decrement/incrementnya berbeda letaknya. Implementasinya adalah seperti ini : 
<?php

$x = 1;

while ($x <= 100)

{

echo "Angka $x"; 

$x++ 

// jika tidak ada operator increment atau decrement
// maka proses akan
// terus menerus terjadi tanpa ?>
jadi jika kondisi belum sampai yang ditentukan dalam hal ini, jika variable $x itu kurang dari 50 maka pengulangan akan terus dilakukan, dan penambahan selalu terjadi. namun ketika nilainya lebih dari 50 maka pengulangan akan berhenti. hampir sama dengan konsep pengulangan bentuk for

Pengulangan do while 

contoh perulangan dengan do while:
Nilai awal 

do


pernyataan; operator decrement/increment;

 }  

While (batas pengulangan) 

contoh implementasinya :  
<?php

$x = 1;

do


echo "Angka $x";

 $x++ 

}

 while ($x <= 100);

?>
hampir sama dengan bentuk pengulangan while, namun yang jadi perbedaan di sini adalah letak dari whilenya saja, dan diakhir dari pengulangan while di beri ; (semicolon).
<?php

// pengulangan jenis while

$x = 1;

while ($x <= 100)



echo "Angka $x";

 $x++; 

echo "<strong>$x</strong>";

echo "<br></br>";

// pengulangan jenis do while

 $x = 1;

do

 { 

echo "Angka $x";
$x++; 

}

while($x <= 100);

 echo "<strong>$x</strong>";
?>
   Di akhir setiap pengulangan saya memasukkan baris echo $x ; ini cuma untuk membuktikan apakah benar nilainya sama, dan hasilnya ... sama. ini menandakaan do while itu sama dengan while, namun implementasinya itu sesuai dengan kebutuhan anda. Sampai sini, anda dapat memilih, lebih prefer atau lebih suka menggunakan pengulangan bentuk yang mana? for, while, atau do while. semua di tangan anda. dan gunakan secara efisien.

akhir nya sampai selesai juga pembahasan mengenai contoh perulangan di php,semoga apa yang sudah di sajikan dalam artikel ini bisa bermanfaatbagi teman-teman sekalin, jangan bosan-bosan ya belajar php selanjut nya kita akan membahas tentang penggunaan  Include dan require di php.

Comments

Popular Posts